Scroll images by bigoo.ws

Tuesday, February 28, 2006

Haneya Bantah Abbas Mau Undur Diri

Perdana menteri Palestina Ismael Haneya menegaskan, gerakan Hamas berusaha menjayakan kepemimpinan Abu Mazen. Pihaknya mendedahkan bahawa Abu Mazen mengajukan surat perletakan jawatan dari jawatan presiden Palestin.

Haneya menegaskan, tidak ada apa-apa antara Abu Mazen dan Hamas.

Yang terjadi justru kerjasama dan saling menghormati dalam rangka mengelola pemerintahan Palestin ini.

Haneya menjelaskan, Abu mazen justru menghormati pilihan rakyat Palestin. Sementara pihak Hamas meminta Abu Mazen agar tetap dalam kedudukannya sebagai presiden Palestin. Ia mengatakan, kita akan bersama-sama menghadapi setiap masalah dan kesulitan ini, ungkap Abu Mazen dalam salah satu suratnya kepada Gerakan Hamas.

Kenyataan ini disampaikan Haneya hari Ahad kemarin (26/2) dalam perjumpaan bersama Abdullah al-Hawarani, mantan anggota eksekutif PLO di Gaza, dalam usaha mereka menyusun pemerintahan baru Palestin.

Sementara itu, anggota Pusat Gerakan Fatah, Abbas Zaki menegaskan, pihaknya tidak mungkin dapat bersatu dengan pemerintahan baru Palestin yang akan dibentuk Hamas.

Zaki menjelaskan sebab-sebab yang melatar belakangi Fatah tidak mungkin bekerja sama dengan pemerintah yaitu, akibat krisis pertentangan yang terjadi dalam tubuh Fatah. Inilah yang menyebabkan kekalahan Fatah dalam pilihanraya parlimen baru-baru ini.

Zaki menambahkan, Fatah sebenarnya tidak kalah karena kekuatan Hamas, atau bukan karena tidak dipilih oleh rakyat. Namun, kekalahan Fatah adalah kerana kelemahan yang terjadi dalam tubuh Fatah, disamping karena pertentangan dalaman. Untuk itu Fatah akan memperbaiki masalah dalaman dahulu dengan membuat reformasi gerakan dan mengadakan persidangan tahunan, agar dapat kembali berkifrah dan kembali memimpin negeri ini.

Zaki menganjurkan agar Fatah tidak berkerjasama dengan pemerintahan Palestin karena situasinya kurang kondusif dan agar suara kami tidak terpecah. Ia menegaskan biarlah Hamas sekarang mengambil kesempatan ini untuk membentuk pemerintahanya. Pada saatnya nanti Fatah akan melakukan peranannya, setelah merapikan masalah internal, ungkapnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home